Mei 28, 2017


Penyaluran Fidyah dan Kafarah oleh Bidang Sosial Lembaga Rumah Amal Muwahhidin


Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillahilladzi bini’matihi tatimush-shalihat. Segala puji bagi Allah, dengan nikmat-Nyalah segala kebaikan menjadi sempurna.

Tulisan ini disusun oleh bidang sosial lembaga Rumah Amal Muwahhidin (RAM) sebagai publikasi penyaluran fidyah dan kafarah yang dilaksanakan semenjak bulan Jumadal Akhirah 1438 hingga 29 Sya’ban 1438 atau bertepatan dengan akhir Februari 2017 hingga akhir Mei 2017. Sebagai pembuka, kami tuliskan sebuah hadits yang menjadi salah satu penyemangat dalam menjalani program bantuan penyaluran fidyah atau kafarah. Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda (yang terjemahnya),

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”
(HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no: 3289)

Senang rasanya dapat menjadi bagian dari berbagai penyaluran yang telah akhi atau ukhti percayakan. Karena kegiatan ini bukan hanya sekedar ladang untuk menunaikan kewajiban namun juga menjadi salah satu jalan dalam mempererat ukhuwah islamiyyah di antara akhi atau ukhti, tim yang menyalurkan serta masyarakat penerima. Pada rentang waktu tiga bulan terakhir, tercatat ada sekitar 20 nama yang telah memberi amanah untuk proses penyaluran fidyah atau kafarah kepada lembaga RAM terkhusus kepada bidang sosial. Tercatat juga ada 8 titik area pendistribusian yaitu di Jeruju Besar, Pal 5, Pal 8, Supadio, Parit Haji Muksin, Purun, Sepakat Dua, serta Pontianak Kota.

Ada hal yang ingin kami sampaikan pada kesempatan kali ini kepada akhi atau ukhti yang telah menyisihkan hartanya untuk menunaikan kewajiban dalam menunaikan fidyah atau kafarah. Ketika kami turun ke masyakarat untuk menyalurkan amanah dari akhi atau ukhti, kami merasakan antusias mereka untuk sekedar memberi ucapan terima kasih kepada orang yang telah memberi mereka makanan yang boleh jadi makanan tersebut jarang mereka dapati. Begitu banyak pengalaman menarik saat kami terjun ke lapangan mengantarkan makanan pokok yang belum dapat kami gambarkan di sini.

Melalui program ini kami diajarkan untuk selalu bersyukur dengan apa yang telah kita miliki. bahwa masih banyak masyarakat di sekitar kita yang kehidupannya berada jauh di bawah nikmat yang kita rasakan, bahkan untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka butuh perjuangan ekstra. Senyum simpul yang mereka tampakkan saat bercengkerama dengan tim membuat hati menerka akan berartinya hal ini. Tidak ada alasan untuk terus bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan pada kita.

Kami mengucapkan terimakasih karena telah memberikan kesempatan kepada kami menjadi bagian dalam proses penyaluran ini. Tak lupa juga kepada relawan bidang sosial lembaga RAM yang telah meluangkan tenaga dan waktunya, semoga Allah membalas kalian kebaikan.

Insyaallah kita kembali dapat mempererat ukhuwah Islamiyyah dalam bingkai program penyaluran fidyah dan kafarah pada pertengahan bulan Syawwal 1438. Semoga Allah ikhlaskan niat dalam setiap amal shalih kita dan semoga Allah meneguhkan kita menjadi manusia yang berguna bagi orang lain. Aamiin

Wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh.
-Bidang Sosial Lembaga Rumah Amal Muwahhidin-

0 comments:

Posting Komentar