Oktober 29, 2017


*** Buletin Jum'at Muwahhidin Edisi 43 Tahun ke-2: "Tawakal kepada Allah" - oleh Ustadz Noviyardi Amarullah, S.Pd. ***


Ketahuilah bahwa tawakal (التَّوَكُّلُ) diambil dari kata wakalah (الوَكَالَةُ). Dikatakan dalam Bahasa Arab, ( وَكَّلَ فُلَانٌ أَمْرَهُ إِلَى فُلَانٍ) yang berarti fulan menyerahkan urusannya kepada fulan, artinya, dia bersandar kepadanya dalam urusan tersebut. Tawakal adalah penyandaran hati kepada pihak yang disandari. Seseorang tidak (dikatakan) bertawakal kepada orang lain kecuali bila dia meyakini bahwa pada dirinya ada tiga perkara, yaitu: kepedulian (belas kasih), kekuatan, dan hidayah. Bila anda mengetahui hal ini, maka silakan qiyaskan tawakal kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengannya.


Bila dalam hati Anda, sudah tertanam bahwa tidak ada yang berbuat selain Allah Subhanahu wa Ta’ala, anda meyakini di samping itu bahwa ilmu Allah Subhanahu wa Ta’ala, kodrat dan rahmat-Nya sempurna, bahwa di balik kodrat-Nya tidak ada kodrat, dibalik ilmu-Nya tidak ada ilmu, dibalik rahmat-Nya tidak ada rahmat, maka hatimu akan bersandar hanya kepada-Nya secara pasti dan ia tidak menoleh kepada selain-Nya dengan alasan apapun. Dan bila seorang hamba belum merasakan hal ini dalam jiwanya, maka sebabnya adalah salah satu dari dua perkara, yaitu (1) lemahnya keyakinan manusia tersebut terhadap salah satu dari perkara-perkara di atas, (2) hatinya memang masih lemah dan goncang karena ketakutan masih menguasainya, hal itu disebabkan oleh khayalan-khayalan yang mendominasinya, karena hati bisa saja goncang dengan kebenaran khayalan di dalamnya dan kepatuhannya kepadanya, walaupun keyakinan padanya juga tidak berkurang.

Apa maksud dari tawakal kepada Allah? Simak penjelasannya pada buletin muwahhidin edisi 43 tahun ke 2 berikut ini. 

Waktu terbit: Jum'at, 7 Shofar 1439 H | 27 Oktober 2017
Judul: "Tawakal kepada Allah"
Oleh: Ustadz Noviyardi Amarullah, S.Pd. حفظه الله 
Bagi ikhwah sekalian yg ingin memberikan kritik, saran maupun donasi untuk buletin muwahidin silahkan menghubungi nomor berikut: 
+62 857-2389-1321 (Humas RAM) 
Jazaakumullahu khairan
---
Update Informasi Program RAM:
www.rumahamalmuwahidin.com
Facebook: rampontianak
Instagram: rampontianak
Twitter: @rampontianak

0 comments:

Posting Komentar