Januari 23, 2018


Adab-adab dalam Bercanda


1. Jangan jadikan candaan itu kegiatan kita sehari-hari sebagai hukum asal.


Artinya: Seseorang tidaklah kita ketemu dengan dia kecuali kita bercanda, ini tidak benar. Karena kalau bercanda terus menerus dan berlebih-lebihan, maka seorang terkadang akan keras hatinya karena terlalu sering tertawa, terlalu sering bercanda.

2. Seseorang tidak boleh berdusta,tidak boleh bohong bahkan ada larangan keras dalam hal ini.


Kata Rasullullah shallallahu'alaihi wa sallam dalam sebuah hadits.
"Celakalah bagi orang yang menyampaikan suatu pembicaraan agar membuat suatu kaum tertawa dengan dia berdusta celakalah dia celakalah dia" (HR. Abu Daud).

Sebaiknya syari'at memberi semangat bagi orang-orang agar tatkala bercanda tidak berdusta, kata Nabi shallallahu'alaihi wa sallam "Aku menjamin istana ditengah surga bagi seorang yang meninggalkan dusta meskipun dalam kondisi bercanda" (HR. Abu Daud).

3. Tidak boleh bercanda dengan manakut-nakuti saudaranya.


Dalam suatu hadits Rasullullah shallallahu'alaihi wa sallam mengatakan "Tidak boleh salah seorang dari kalian mengambil barang milik saudaranya dalam kondisi bercanda atau serius (HR. Abu Daud).

Ada juga candaan yang diharamkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala: Ada yang mengatakan misalnya jenggot sebagai jenggot kambing. Sebagai apa? Sebagai bahan tertawaan tidak boleh sama sekali, ada yang melihat seorang wanita dengan jilbab yang besar maka dijadikan bahan candaan dikatakan baju ninja, ini tidak diperbolehkan.
Ada juga seseorang melihat orang lain misalnya celana diatas mata kaki, maka dijadikan bahan candaan dikatakan cingkrang, dikatakan celana kungfu, dikatakan sebagai kebanjiran hal tersebut dilarang.

Ini adalah bentuk candaan yang sangat berbahaya karena terkumpul terhadap candaan seperti ini penghinaan terhadap syari'at Nabi shallallahu'alaihi wa sallam dan juga ada bentuk dari kedustaan.

Oleh karenanya silakan anda bercanda tapi ingat candaan sesuai sunnah Nabi shallallahu'alaihi wa sallam.

Wallahul musta'an.

🌎Sumber : video ceramah singkat Yufid TV "Adab-adab Bercanda—Al ustadz Dr. Firanda Andirja, MA"


➖➖➖●◎○◎●➖➖➖

Kemuslimahan Rumah Amal Muwahhidin (RAM)

📲 instagram.com/kemuslimahan_ram
📲 facebook.com/ram.kemuslimahan
📲 www.rumahamalmuwahidin.com/



0 comments:

Posting Komentar